Translate

Kamis, 28 Juni 2012

Tips Memulai Buka Usaha dengan Modal Kecil


Jika memiliki keinginan menjadi wirausahawan, alangkah baiknya jangan terburu napsu untuk mengawalinya. Dalam memulai usaha dibutuhkan ketelitian agar bisnis yang kita jalankkan nantinya maju, sukses dan berkembang. Selain itu, juga harus belajar dari keberhasilan para pengusaha yang sudah sukses. Hal tersebut bertujuan agar kita bisa mengambil pelajaran yang berguna ketika sedang menjalani usaha. Berikut ini, tips untuk memulai dan membuka usaha dengan modal yang tidak terlalu besar.

1. Siap Buka Usaha. Jika Anda pemula dan benar-benar masih baru tidak perlu berkecil hati. Anda harus tetap optimis, atau jika bisa, gandenglah mentor yang bisa membimbing dan mengawal selama masa-masa awal buka usaha. Di samping itu Anda perlu juga bergabung dengan komunitas-komunitas pengusaha. Karena dengan itu bisa mendapatkan bimbingan, saran, masukan secara berkesinambungan dengan biaya yang ringan. Jika mental sedang turun, peran mentor dan komunitas bisa menjadi sumber inspirasi dan pembangkit semangat.

2. Jangan Takut Masalah Modal. Modal sering dikeluhkan oleh para calon pengusaha. Dengan modal sekitar 2-10 jutaan yang dapat rogoh dari tabungan sendiri Anda sudah bisa jadi pengusaha. Jadi jangan takut kesulitan modal, dengan modal cekak pun masih dapat membuka usaha. Jika masih kesulitan, Anda bisa menggandeng saudara atau bahkan kawan. Selain lebih mudah dalam menjalankan usaha, Anda tidak disibukkan dengan berbagai tagihan layaknya berhutang di bank. Akan tetapi jika Anda bertekad ingin membuka usaha yang lebih besar, meminjam di bank bukan hal tabu. Anda tinggal mengatur usaha agar lebih pesat lagi, tentu laba yang bakal dikeruk pun semakin besar.

3. Carilah tempat yang strategis. Strategis bisa jadi tempat yang ramai, dekat dengan aktivitas warga, atau dekat sekolah, kantor dan kampus. Namun yang harus diperhatikan urusan memilih tempat sering mengecoh. Sebab ada juga tempat yang berada di lokasi yang tidak ramai dan strategis, ternyata berjubel pengunjung. Lalu kuncinya apa? Tentu saja, jika itu rumah makan, pelayanan dan makanan yang menggugah selera pastilah kuncinya. Intinya jika Anda sangat kesulitan menentukan tempat lokasi usaha, jangan gusar sebab Anda bisa menjual keunggulan lain yang Anda miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar