Translate

Rabu, 14 Desember 2011

Motif WANITA Terjun Ke DUNIA BISNIS

Saat ini, banyak kaum wanita yang terjun ke dunia bisnis, baik itu membuka usaha bisnis dari rumah, membantu bisnis suami ataupun memang sudah mandiri dengan kegiatan wirausaha-nya. Tentu ada banyak tokoh wanita lainnya yang sukses berbisnis, seperti: Moeryati Soedibyo, Oprah Wienfrey, dll. Malahan, Anda pun bisa menjadi salah satu pebisnis sukses tersebut. Apalagi ternyata, kaum hawa amat cocok berkecimpung di dunia bisnis.

Simak empat motif utama mengapa wanita cocok terjun ke dunia bisnis:

1. Memperkecil Resiko
Di masa sekarang, bukan hal asing lagi kalau dalam rumah tangga baik suami maupun istri sama-sama bekerja. Namun, tak jarang pula hanya suami yang bekerja dan menjadi tulang punggung ekonomi keluarga. Nah, agar bisa semakin menunjang kebutuhan hidup sehari-hari, tak ada salahnya bila istri menjalankan bisnis atau kerja dari rumah.
Dengan begitu, sumber pemasukan dari suami tetap "aman" sementara istri bisa ikut menunjang nafkah keluarga. Resiko suami ditegur kantor karena berbisnis sampingan di luar pekerjaan utamanya pun bisa dihindari. Yang perlu diingat, suami-istri saling mendukung dalam menjalankan bisnis di rumah tersebut.
2. Multitasking
Salah satu kelebihan yang dimiliki
wanita adalah bisa mengerjakan banyak hal sekaligus (multitasking). Misalnya, memasak sambil menjaga anak. Karakteristik ini adalah kompetensi dasar yang dibutuhkan dalam berbisnis. Ini tidak dimiliki pria, wanita bisa menjalankan fungsi-fungsi dalam bisnis sekaligus mulai dari pemasaran, penjualan, sampai manajemen SDM.
3. Pengambil Keputusan
Coba perhatikan, umumnya siapa yang menentukan pilihan rumah yang akan dibeli, perabotan dan keperluan rumah tangga, atau baju dan kemeja untuk suami. Para ibu, bukan? Disadari atau tidak, wanita merupakan pengambil keputusan hampir setiap pembelian yang terjadi.
Bisa dikatakan, wanita adalah konsumen terbesar dari hampir semua produk yang ada di pasaran. Jika posisinya di balik wanita sebagai produsen atau pebisnis, maka wanita akan lebih faham dan dapat merasakan keinginan konsumen sebagai representasi dari dirinya sendiri.
4. Era Informasi
Satu hal lagi yang menjadi kelebihan
wanita adalah kemampuannya membentuk networking dan berkomunikasi. Ini bisa ditunjukkan lewat komunitas-komunitas yang banyak diikuti dan dibentuk wanita. Utamanya, di era teknologi dan informasi seperti sekarang ini. Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan pada tahun 2000, enam dari 10 pengguna website adalah wanita. Bisnis online pun menjadi bisnis sampingan yang menguntungkan.
Dengan naluri berkomunikasi dan networking wanita yang umumnya melebihi pria, optimis wanita akan lebih sukses berbisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang kian pesat.

Nah, dengan mengoptimalkan aspek-aspek tersebut diatas, siapa tahu anda ataupun istri anda dapat terjun ke dunia bisnis. Tentunya harus disesuaikan lagi dengan kondisi yang ada pada masing-masing individu. Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar