Translate

Senin, 21 Mei 2012

Mana yang benar dalam pemakaian dan merawat Baterai Laptop, dilepas atau tidak?


Sampai saat ini masih banyak orang yang masih bingung bagaimana cara merawat baterai laptop, selama ini banyak orang yang berpendapat dengan melepas baterai itu lebih baik, karena menghemat baterai, apakah itu benar? nah cara yang benar dalam pemakaian dan merawat baterai laptop, dilepas atau tidak?

Baiklah, kita lihat pengalaman dari kisah nyata ini...

Ada 2 pendapat dari banyak orang,
1. Ada yang berpendapat menyalakan laptop menggunakan AC power dengan keadaan baterai terpasang bisa memperpendek usia baterai. Jadi sebaiknya baterai dilepas kalau pakai AC power.
2. Ada juga yang berpendapat menyalakan laptop menggunakan AC power tanpa baterai terpasang bisa merusak komponen-komponen elektronik laptop lebih cepat rusak karena listrik dari power supply lebih besar dari yang seharusnya diterima laptop. Jadi sebaiknya baterai tetep dipasang kalau pake AC power.

Dari kedua pendapat tersebut sebenarnya tidak ada yang benar atau yang salah!!!
Yang ada salah satunya ( baterai atau komponen dari elemen laptop ) yang dikorbankan.

Kenapa????

Kebetulan karena ada teman saya yang suka melepas baterai saat main games atau melakukan kegiatan yang cukup memberatkan dengan melepas baterai nya, dan akhirnya pada suatu hari Laptop nya mati total.
Dibawalah ke tempat service yang resmi, setelah diperiksa yang kena Motherboard nya, akhirnya harus diganti dengan harga sekitar 2,5 jutaan. Wow!!!

Belum sempat dia tanya kenapa kok Laptop nya bisa begitu, teknisinya malah tanya duluan begini "Mas, kalau pakai Laptop pakai AC power terus baterai nya dilepas ya?" dia jawab "Iya mas, kok tahu?"

Teknisi memberikan penjelasan yeng pada intinya seperti ini :
1. Menyalakan Laptop dengan AC power dengan kondisi baterai dilepas memang bisa mamperpanjang usia baterai.
2. Baterai Laptop berfungsi sebagai stabilisator karena didalamnya terdapat penyesuai tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit) untuk mempertahankan tingkat keamanan tegangan dan arus listrik.
3. Menyalakan Laptop dengan AC power dengan kondisi baterai dilepas dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam Laptop, karena komponen-komponen tersebut akan menerima tegangan dan arus listrik yang berlebihan.
4. Menyalakan Laptop dengan AC power dengan kondisi batere dicopot tetapi menggunakan stabilisator/UPS sedikit banyak juga dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam Laptop karena tegangan dan arus listrik akan langsung menuju ke komponen daleman Laptop tanpa melalui penyesuai tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit).

Teknisi tadi memberikan saran seperti ini :
Kalau pakai AC power mendingan baterainya tetap dipasang. Mending baterainya yang rusak, kalau ganti yang orisinil paling harganya 700 - 800 ribuan. Daripada motherboard yang rusak biayanya bisa mahal banget, kalau sampai harus ganti bisa jutaan.

Nah, jadi mulai dari sekarang jangan lagi lepas baterai yaaa...!?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar